PortailIndeksCalendarGalleryFAQPencarianPendaftaranAnggotaGroupLogin

Share | 
 

 Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
mangsule
Admin


Male Jumlah posting : 559
Age : 45
Lokasi/Alamat : Parung panjang bogor
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : Parung panjang bogor
Pekerjaan/Hobi : Parung panjang bogor
Registration date : 24.07.06

PostSubyek: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Tue 3 Mar - 11:00

Untuk yang kesekian kalinya komunitas BATRiders menjalankan misinya, yaitu Wisata Rohani dan Baksos di Banten malam minggu yang lalu 28 Februari 2009.

Cuaca malam itu hujan, namun peserta touring tetap semangat, satu persatu korwil Cibodas, Legokt merapat ke bascamp Citra, tidak lama kemudian sekitar jam 23:00, terkupul sekitar 20 member telah siap untuk menjalan misi sesuai rencana,,, (tidak ketingalan bagi -bagi kaos Can Week dong ) di cordinir Korwil Citra ( bro Agus Gondrong ) seperti biasa kita mengadan doa bersama untuk keselamat kita semua.

Jam 23:30 rombongan siap jalan menuju Korwil Balaraja yang sudah menunggu Bro Roni Bro Camong dan member baru, jam 00:00.

Rombongan touring mulai bergerak dengan perlahan tapi pasti dan sopan santun di jalan, Ahirnya Rombongan sampai jam 02:30 Tujuan pertamanya yaitu Kraton Banten, dengan tujuan untuk jiarah ke Sultan Hasanudin Banten, sekitar jam 03:00 robongan yang di koordinit Bro Roni selaku PIC, rombongan sampai di pelataran Kraton Banten.

Mewakili rombongan BATRiders bro Roni, Bro Agus G, Bro Asep, Bro Ferdy dan pak Amir, langsung menemui keturunan Sultan Hassanudin (selaku sesepuh di sekitar Keraton Banten), kurang lebih 40 menit, rombongan lainya menunggu diluar sambil istirahat dan kita mewakili rombongan
ngobrol ngalor ngidul seputaran motor...

Dengan perasaan luar biasa senang ahirnya robongan di perbolehkan
jiarah ke makam. Perwakilan rombonganpun bergegas keluar dan langsung
menuju rekan- rekan yang nunggu, dengan semangat ingin tahu rombongan pung segera ambil air wudhu , dan rombongan pun menuju makam Sultan Hasanudin dengan di pandu kuncen dengan khususkita mengikuti tauziah dari awal sampai ahir, Setelah selesai tauziah rombongan bersiap kembali ke motor untuk menuju jirah ke dua yaitu ke makam Syeh Maulan Yusup, waktu menunjukan pukul 4:00 rombongan sampai di Makan Syeh maulan Yusup seperti biasa robongan dengan khusus mengikuti tauzih sampai ahir, sekitar jam 06:00 bergegas kembali untuk jiarah yang ke tiga yaitu Cikaduen Syeh Maulan Mansur.

Setelah selesai tauziah robongan pun kembali ke kuda hitamnya untuk
jiarah yang terahir yang ke empat yaitu Cibulakan / Batu Qur'an, sesampainya di tempat Cibulakan sekitar jam 8: 30 rombongan pun sampai,

Kini peserta touring berjalan kaki 3 km dari parkir menuju Batu Qur'an yang teletak di bawah, di sini terlihat keajaiban dan ke agungan ALLAH, sumur berukuran 20 m terlihat begitu indah, sejuk dan yang paling menakjukan lagi ada batu persegi empat itulah yang di namakan Batu Qur'an, sebelum kita
menjeburkan diri ke sumur tersebut kita di haruskan tauzih dulu (berdoa
yang di pandu oleh jurukunci sumur tersebut ), ahirnya rombongan pun mengikuti tauziah , dan mendegarkan kisah cerita asal muasal Batu Qur'an tersebut, konon katanya "pabila seseorang yang bisa mengelilingi batu Qur'ran tujuh kali berturut-turut insya allah semua maksud akan tercapai tujuannya" dan hebatnya lagi air sumur tersebut bisa mengobati semua penyakit dengan seijin Allah, Subhanallah Maha Suci Allah...

Setelah puas dengan perjalan jirah, kali ini peserta touring Roni Istirahat sejenak untuk menghilanhkan cape. Tidak lama kemudian rombongan pun bergegas kembali untuk menyelesaikan misi yang terahir yaitu Baksos, yaitu memberikan sedikit sumbangan dari rekan-rekan BATRiders untuk pembangunan Masjid di daerah Padeglang selesai acara semua.

Tidak lupa dalam kegiatan touringnya BATRiders menyematkan tanda keanggotaan BATRiders kepada member baru sebanyak 6 nomor yang ikut serta dalam rombongan jiarah ke Banten tersebut, penomoran tersebut di berikan ke :
1. Bro MUDI Korwil Cibodas
2. Bro Winata Korwil Cibodas
3.Bro Sulis Korwil Cibodas
4.Bro Andi Korwil Citra
5.Bro Sohari Korwil Citra
6.Bro Durul Haq Korwil Citra


SELAMAT kepada penerima nomor keanggotaan BATRiders tentu syaratnya hanya pergi bareng atau touring bareng gak neko neko gak pake acara di-mapras pelantikanya sederhana sajah, memang bukan jamannya lagi, semoga tetap dalam kebersamaan komunitas independent BATRiders.

Terimaksih tidak terhingga kepada :

  1. Kang Cecep Padeglang, yang telah bersedia jadi tuan rumah untuk acara tersebut hatur nuhun ( ikan bakarnya ) kang ,,,,
  2. Bro Roni (Balaraja) Ketua Pelaksanaan
  3. Bro Agus (Ketua Korwil Citra)
  4. Bro Joko (Ketua Korwil Cibodas)
  5. Bro Tile (Pengurus Korwil Legok)
  6. Pak Amir (Cikande)

Demikian cerita singkat perjalan BATRiders Wisata Rohani dan Baksos Akhir
Pebruari 2009.

Salam
ASEP FIRMANSYAH


Note : Mohon maaf redaksi ada sedikit perbaikan, namun tidak mengurangi makna isi/konten cerita bro asep... mohon maklum... wasalam
mangsule


Terakhir diubah oleh mangsule tanggal Tue 3 Mar - 11:46, total 6 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://batriders.frbb.net
mangsule
Admin


Male Jumlah posting : 559
Age : 45
Lokasi/Alamat : Parung panjang bogor
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : Parung panjang bogor
Pekerjaan/Hobi : Parung panjang bogor
Registration date : 24.07.06

PostSubyek: Re: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Tue 3 Mar - 11:29



A. Selayang Pandang
Masjid Agung Banten merupakan situs bersejarah di Kota Serang, Propinsi Banten. Masjid ini dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin, putera Sunan Gunung Jati, sekitar tahun 1552—1570 M. Masjid ini memiliki halaman yang luas dengan taman yang dihiasi bunga-bunga flamboyan. Selain sebagai obyek wisata ziarah, Masjid Agung Banten juga merupakan obyek wisata pendidikan dan sejarah. Dengan mengunjungi masjid ini, wisatawan dapat menyaksikan peninggalan bersejarah kerajaan Islam di Banten pada abad ke-16 M, serta melihat keunikan arsitekturnya yang merupakan perpaduan gaya Hindu Jawa, Cina, dan Eropa.

Sejarah pendirian Masjid Agung Banten berawal dari instruksi Sultan Gunung Jati kepada anaknya, Hasanuddin. Konon, Sunan Gunung Jati memerintahkan kepada Hasanuddin untuk mencari sebidang tanah yang masih “suci” sebagai tempat pembangunan Kerajaan Banten. Setelah mendapat perintah ayahnya tersebut, Hasanuddin kemudian shalat dan bermunajat kepada Allah agar diberi petunjuk tentang tanah untuk mendirikan kerajaan. Konon, setelah berdoa, secara spontan air laut yang berada di sekitarnya tersibak dan menjadi daratan. Di lokasi itulah kemudian Hasanuddin mulai mendirikan Kerajaan Banten beserta sarana pendukung lainnya, seperti masjid, alun-alun, dan pasar. Perpaduan empat hal: istana, masjid, alun-alun, dan pasar merupakan ciri tradisi kerajaan islam di masa lalu.

B. Keistimewaan

Keunikan arsitektur Masjid Agung Banten terlihat pada rancangan atap masjid yang beratap susun lima, yang mirip dengan pagoda Cina. Masjid yang dibangun pada awal masuknya Islam ke Pulau Jawa ini desainnya dirancang dan dikerjakan oleh Raden Sepat. Ia adalah seorang ahli perancang bangunan dari Majapahit yang sudah berpengalaman menangani pembangunan masjid, seperti Demak dan Cirebon. Pengembangan Masjid Agung Banten juga melibatkan seorang arsitek dari Cina yang bernama Tjek Ban Tjut terutama pada bagian tangga masjid. Karena jasanya itulah Tjek Ban Tjut kemudian diberi gelar Pangeran Adiguna.

Kemudian pada tahun 1620 M, semasa kekuasaan Sultan Haji, datanglah Hendrik Lucaz Cardeel ke Banten, ia seorang perancang bangunan dari Belanda yang melarikan diri dari Batavia dan berniat masuk Islam. Kepada sultan ia menyatakan kesiapannya untuk turut serta membangun kelengkapan Masjid Agung Banten, yaitu menara masjid serta bangunan tiyamah yang berfungsi untuk tempat musyawarah dan kajian-kajian keagamaan. Hal ini dilakukan sebagai wujud keseriusannya untuk masuk Islam. Karena jasanya tersebut, Cardeel kemudian mendapat gelar Pangeran Wiraguna.

Menara masjid
terletak di sebelah timur masjid. Menara ini terbuat dari batu bata dengan ketinggian kurang lebih 24 meter, dengan diameter bagian bawahnya kurang lebih 10 meter. Untuk mencapai ujung menara, pengunjung harus melewati 83 buah anak tangga dan melewati lorong yang hanya dapat dilewati oleh satu orang. Menara ini dibangun oleh Hendrik Lucaz Cardeel. Dari atas menara ini, pengunjung dapat melihat pemandangan disekitar masjid dan perairan lepas pantai, karena jarak antara menara dengan laut hanya sekitar 1,5 km. Pada zaman dahulu, selain digunakan sebagai tempat mengumandangkan adzan, bangunan ini juga berfungsi sebagai menara pandang ke lepas pantai. Menara ini juga digunakan oleh masyarakat Banten untuk menyimpan senjata pada masa pendudukan Belanda.

Sementara di sebelah selatan masjid, terdapat bangunan yang disebut tiyamah, bangunan ini juga merupakan karya Cardeel. Selain itu, pada bagian depan masjid terdapat alat pengukur waktu shalat yang berbentuk
lingkaran, dengan bagian atas berbentuk seperti kubah. Pada bagian atas
kubahnya ditancapkan kawat berbentuk lidi. Melalui bayangan dari kawat
itulah dapat diketahui kapan waktu shalat tiba.

Keunikan lainnya nampak pada umpak dari batu andesit yang berbentuk labu dengan ukuran besar. Umpak batu ini terdapat di setiap dasar tiang masjid, pendopo, dan kolam untuk wudhu. Umpak besar seperti ini tidak terdapat di
masjid-masjid lain di Pulau Jawa, kecuali di bekas reruntuhan masjid Kesultanan Mataram di daerah Plered, Bantul, Yogyakarta. Begitu pula dengan bentuk mimbar yang besar dan antik, tempat imam yang berbentuk kecil, sempit, dan sederhana juga menunjukkan kekhasan masjid ini.

Diserambi kiri masjid ini terdapat makam Sultan Maulana Hasanuddin dengan
permaisurinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nashr Abdul Kahhar (Sultan Haji). Sementara di serambi kanan, terdapat makam Sultan Maulana Muhammad, Sultan Zainul Abidin, Sultan Abdul Fattah, Pangeran Aria, Sultan Mukhyi, Sultan Abdul Mufakhir, Sultan Zainul Arifin, Sultan Zainul Asikin, Sultan Syarifuddin, Ratu Salamah, Ratu latifah, dan Ratu Masmudah.

C. Lokasi
Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Propinsi Banten, Indonesia.

D. Akses
Masjid Agung Banten berada sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Pengunjung dapat menuju lokasi dengan kendaraan pribadi atau naik bus. Dari Terminal Pakupatan, Serang, Pengunjung dapat melanjutkan perjalanan
dengan bus jurusan Banten Lama dengan tarif Rp 4.000 atau dapat juga mencarter angkot dengan biaya sekitar Rp 40.000 (Juni 2008). Perjalanan dari Terminal Pakupatan, Serang, menuju ke lokasi masjid memerlukan waktu sekitar setengah jam.

E. Harga Tiket

Memasuki kawasan obyek wisata Masjid Agung Banten tidak dipungut biaya. Namun, apabila memasuki tempat-tempat seperti menara, tempat wudhu, dan kompleks makam sultan, pengunjung diwajibkan membayar rata-rata Rp
1.000 (Juni 2008).

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Di sekitar masjid ini terdapat penginapan, warung telekomunikasi, dan
warung yang menjual aneka jajanan. Selain itu, banyak kios yang menjual
perlengkapan sholat, tasbih, kaset rohani, VCD musik, pakaian dewasa
dan anak-anak, serta cenderamata suku asli Banten, yaitu suku Baduy.

sumber : www.wisatamelayu.com
lengkapnya : http://www.wisatamelayu.com/id/object.php?a=ZWtOL3Vady9P=&nav=geo
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://batriders.frbb.net
mangsule
Admin


Male Jumlah posting : 559
Age : 45
Lokasi/Alamat : Parung panjang bogor
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : Parung panjang bogor
Pekerjaan/Hobi : Parung panjang bogor
Registration date : 24.07.06

PostSubyek: Re: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Fri 6 Mar - 18:43

Berikut photo photonya ...



Terakhir diubah oleh mangsule tanggal Fri 6 Mar - 18:47, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://batriders.frbb.net
mangsule
Admin


Male Jumlah posting : 559
Age : 45
Lokasi/Alamat : Parung panjang bogor
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : Parung panjang bogor
Pekerjaan/Hobi : Parung panjang bogor
Registration date : 24.07.06

PostSubyek: Re: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Fri 6 Mar - 18:44

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://batriders.frbb.net
mangsule
Admin


Male Jumlah posting : 559
Age : 45
Lokasi/Alamat : Parung panjang bogor
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : Parung panjang bogor
Pekerjaan/Hobi : Parung panjang bogor
Registration date : 24.07.06

PostSubyek: Re: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Fri 6 Mar - 18:45

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://batriders.frbb.net
mangsule
Admin


Male Jumlah posting : 559
Age : 45
Lokasi/Alamat : Parung panjang bogor
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : Parung panjang bogor
Pekerjaan/Hobi : Parung panjang bogor
Registration date : 24.07.06

PostSubyek: Re: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Fri 6 Mar - 18:49

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://batriders.frbb.net
Kusuma Winata



Male Jumlah posting : 8
Age : 26
Lokasi/Alamat : jln. teratai raya blok d12/14, taman cibodas, tangerang
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : ingin berkenalan dengan semua pengguna tiger d indonesia, terutama di tangerang. / 083890556547
Pekerjaan/Hobi : Mahasiswa/ maen game
Registration date : 25.01.09

PostSubyek: Re: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Sat 7 Mar - 17:31

Mantap.........
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009   Today at 6:59

Kembali Ke Atas Go down
 
Wisata Rohani dan Baksos Di Banten Feb2009
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» salam kenal gan dr Serang, banten
» Hobi Makan / Jajan (Share Info Wisata Kuliner)
» TOUR GUCI 16-18 OCT 2009
» WTS : Ninja 250 merah modifikasi aksesoris. November 2008
» HOBI BACA BUKU KOMIK..

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: PHOTO :: BATRIDERS HEADLINE-
Navigasi: