PortailIndeksCalendarGalleryFAQPencarianPendaftaranAnggotaGroupLogin

Share | 
 

 MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
mangsule
Admin


Male Jumlah posting : 559
Age : 45
Lokasi/Alamat : Parung panjang bogor
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : Parung panjang bogor
Pekerjaan/Hobi : Parung panjang bogor
Registration date : 24.07.06

PostSubyek: MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH   Fri 23 Feb - 19:13

[color:dfe2=black:dfe2]MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH

Banjarmasin dan Banjarbaru..
Kalau di Banjarmasin umumnya soto banjar dana itik goreng/bakar dengan bahan
itik alabio.
Banyak di jual di sekitar pasar.Kalau yang di sekitar GOR ya kebanyakan
sperti masakanJawa.
Pada umumnya di Banjrmasin masakannya mirip Jawa Timur.
tempat makan enak di jogja jgn lupa jg bakmi godog yg ada di Terminal Terban,buka nya sore menjelang mlm. emang sih tempatnya cuma warung tenda gt,tp klo udh mlm antre nya panjang bgt. rasanya seger,pokoknya rugi deh klo ke jogja ga mampir ke bakmi godog terban hehe...

tempat makan yg patut dicoba di jogja ya jelas bebek+burung dara depan
bioskop mataram gudeg ibu kota, gudeg batas kota, gudeg kayu, gudeg wijilan
ayam goreng suharti yg di babarsari,kotik yg di pajeksan
tempat makan yg patut dicoba di jogja ya jelas ada salah satu tempat namanya di daerah terban dekat sekolah de Drito depan MC Donal namanya soto terban
ciri has rasanya adalah daging goreng dan kuah soto yang banjir dan tidak kalah penting gudeg di depan mal hotel safira makan nya di gubuk yang sudah derdiri sejak saya masih sekolah di sana harganya sangat terjangkau bila di bandingkan di sekitar malioboro.

Jawa Tengah & Jawa Timur

kalau boleh saya berbagi info sedikit kalo di jawa tengah anda mampir ke
jogja coba

saja ke soto kadipiro tapi yang asli,disana sotonya mak nyoouuus dan jangan
lupa pesen

dada ayam yang dirajang ( dipotong-potong ) dan ditambah irisan tomat dan
kecap yang

khas yang tidak ada ditempat lain,untuk minumnya coba aja limun sarsaparila
lokal yang

rasanya tidak kalah enak dengan root beer amrik,untuk kue2x bisa coba ke
mirota kota

baru dan untuk makanan prasmanan bisa coba es eny di jalan jenderal sudirman
restonya

berlokasi di seberang mall galeria jogja

Lumpia Semarang Yang Legendaris

Walaupun ayah saya berasal dari Pekalongan, kota Semarang buat kami

agak asing, karena memang tidak ada saudara disana. Namun, satu hal

yang saya selalu ingat soal Semarang - lumpia! Setiap kali ayah saya

lewat Semarang dalam perjalanan ke Rembang, atau kalau ada saudara

yang datang langsung dari Semarang, selalu oleh-olehnya adalah

sebuah besek bambu yang bagian bawahnya sedikit berminyak. Di bagian

atasnya ada sebuah gambar seorang gadis duduk dengan baju warna-

warni, memegang makanan berbentuk kotak. Tulisannya: Lumpia Semarang

Gg. Lombok.

Buat saya, gambar itu adalah seal of quality. Walaupun sudah berjam-

jam dibekap di bagasi mobil, rasanya masih tetap mak nyus. Rasanya

gurih, rebungnya renyah. Aroma udangnya juga kuat, yang bersanding

cantik dengan aroma dari rebung. Rasanya sedikit asam. Oh ya -

jangan lupa acar dan kuah kentalnya! Acarnya berwarna putih dan

dipotong tipis-tipis, dengan rasa cenderung manis.

Menyantapnya mudah: pertama-tama, gigit ujungnya - penuh dengan

gemeretuk renyah kulit lumpia yang tebal. Lalu, dengan rebung

menghadap ke atas, ambil kuahnya dengan sendok dan tuangkan di

cekungan yang dibentuk oleh gigitan pertama tadi. Tambah sedikit

acar atau cengek jika suka, dan. kresss. gigitan kedua. Kali ini

rasanya tambah kaya dengan kehadiran tekstur kuahnya yang kental

serta rasanya yang asam-manis, serta irisan acar yang segar. Gigitan

demi gigitan kita hujamkan ke lumpia, yang bentuknya sudah tidak

lurus karena kulitnya berlubang di beberapa tempat.

Nah, sensasi paling nikmat adalah menyantap bagian akhir, dimana

ujung lumpia membentuk semacam mangkuk. Isi banyak-banyak dengan

kuahnya, bubuhi acar, dan ammm.. kita santap habis potongan terakhir

lumpia itu. Kali ini baru pas - renyah kemeriuk dari ujung lumpia,

rasa gurih dari kulit lumpia yang keras, rasa rebung, udang, dan

telur dari isinya, kuah asam manis, dan acar. Mantap! Inilah

kenikmatan sempurna dalam menyantap lumpia. Waktu kecil saya sudah

sanggup makan lumpia sampai 2-3 biji, dan kemudian menyimpannya

dalam freezer agar tahan lama. Begitu sayangnya saya dengan setiap

lumpia, sehingga sampai 3 hari kemudian saya masih berusaha

menyimpannya.

Dengan bertambahnya usia, kini saya sudah bisa ke Semarang sendiri.

Sensasi terbesar kini adalah makan lumpia yang baru selesai dibuat

di tempat asalnya. Rasanya tentu jauh lebih enak daripada

menyantapnya di Bandung. Kulitnya lebih renyah, isinya dan

bungkusannya masih padat, dan rebungnya pun masih segar. Dan

hebatnya, kualitas Lumpia Semarang - baik Gang Lombok maupun mBak

Lin - masih bertahan hingga kini. Setiap kali saya ke Semarang, saya

selalu menyempatkan diri mampir ke Gang Lombok. Dan, ketika melihat

gambar gadis warna-warni diatas beseknya, ingatan saya melayang akan

kenangan manis makan lumpia oleh-oleh waktu saya kecil. Gadis itu

masih menunggu, dengan lumpia di tangannya - sampai sekarang!

Sate maranggi versi Plered di Bangbarung Raya - Bogor

letak warung tersebut ada di depan counter roti Unyil, kemungkinan besar
memang siang tidak

buka, dan hanya buka malam hari..Seingat saya, sate maranggi Cianjur
dagingnya

tidak direbus dahulu. Dagingnya sudah dibumbui / dibacem dahulu (salah

satunya adalah dengan ketumbar), sebelum dibakar. sate marangginya

sendiri sudah ada rasa manis sehingga sebenarnya tidak perlu menggunakan
bumbu lain.

Setahusaya perbedaan utamaantara sate maranggi Cianjur dengan Purwakarta

(dulu kayanya pernah dibahas) adalah pada teman makannya. Sate maranggi

Purwakarta menggunakan kecap manis dengan irisan bawang dan cabe(BYKS),

sedangkan sate maranggi Cianjur menggunakan sambel oncom dan ditemani

juga dengan ketan bakar.

betul... sate maranggi cianjur setau saya enggak ada proses

perebusan... bumbu2 dicampur dengan daging dan lemak sapi lalu

didiamkan selama 6 jam agar bumbu meresap dalam daging... setelah itu

baru daging ditusuk dan dibakar...

aduhhh... jadi ngiler nih... kebayang benget mulai bau harum asap

bakaran sate, empuk dan manisnya daging, lembutnya ketan bakar dan

sambal oncom... hmmm....

kalau sempat, coba datangi lokasi langganan sate maranggi saya

didaerah pacet... tepatnya di depan wisma kompas pacet... dari puncak

lurus aja ikutin jalan menuju cianjur, sebelah kanan nanti ada wisma

kompas dan sedikit maju akan ketemu tugu... nah, di situlah letak sate

maranggi yang menurut saya sangat pas nendangnya.. . selain enak,

harganya pun ngagetin murahnya... 20 tusuk sate + ketan bakar 4 =

20ribuan... enggak heran, itu yang dateng rameeeeeeeeeeeeee

bangetttttttttt. ... buka mulai sore jam 16.00 sampai habis...

kalo mau nyobain sate maranggi pagi2... letaknya di dalam pasar

cipanas, samping istana cipanas... kalo dari puncak sebelum istana...

di belakang pasar ada sate langganan saya juga sejak kecil (lupa

ancer2nya, tapi kalo udah sampe pasar sih langsung tau deh)... setiap

nyokap pulang kampung enggak lupa dia bawain oleh2 sate maranggi itu...

Saya memang baru sekali mencoba sate maranggi versi Cianjur di RM

Larissa, dan dari rasanya menurut saya bukan dari daging segar yang

langsung dibakar. Jadi ketika mang Asep menerangkan perbedaan kedua

versi sate tersebut saya langsung mengiyakan. Mungkin suatu waktu

saya mesti coba sate maranggi cianjur di tempat lain.

Favorit saya untuk sate Maranggi di Cianjur adalah yang ada dikota.

Terus terang nama jalannya tidak ingat, lokasinya kalau anda memasuki

kota Cianjur, akan bertemu dengan perempatan (ditengah-tengahnya ada

tugu), belok kiri ambil arah Bandung, terus ikuti jalan sampai ketemu

pertigaan (sekitar pertigaan banyak yg jual manisan) ; kalau ke kiri

arah ke Bandung, ke kanan arah kota Cianjur. Belok kanan dan langsung

cari parkir di kanan jalan. Yang jualan di sebelah kiri jalan tidak

jauh setelah pertigaan (sebelum toko manisan Mulia Sari). Jualannya di

emperan toko dengan menggunakan pikulan ; jam buka sekitar 5-6 sore,

biasanya jam 8 sudah habis.

Soto Ayam Ceker

Kalo suka soto ayam + ceker yang mak nyusss dan murmer ada di daerah jalan
Gandaria Keb.Baru .

Dari Mayesrik ke arah taman Puring terus saja ambil arah Gandaria , jangan
yg ke arah Velbak , mentok jalan (satu arah) belok kiri , tikungan ke 2 di
dekat taman di pojokan ada soto ayam + ceker Arifin ... ditanggung mak
Nyusss ....

bukanya sore sampai malam , makannya "romantis" , soalnya pake lampu cempor
...

Satu lagi di dekat dekat situ juga , dari Mayestik persis didepan kantor
Polisi belok kiri , kira kira 500 meter ada juga soto ceker ... dari tempat
yg pertama kira kira 200 metr lah ...

Selamat mencoba ..

Yang saya tau uenak banget itu soto ceker pak jangkung, di jalan radio 3.
Kalo kita dari blok M ke arah barito, ketemu perempatan yang ada bunderan
kecil banget di tengah, ada heritage di sebelah kiri, lurus aja ke arah
bubur barito, tepat setelah heritage ada jalan kecil menurun ke bawah,
silahkan belok kiri. nah soto pak jangkung itu ada di jalan itu.

tendanya mengambil tempat persis di pinggir kali, di sebelah kiri jalan.

baru buka sore, jam 8 atau menjelang jam 9 sudah sering kehabisan ceker, dan
lebih sering lagi kehabisan kerupuk kulit ayam.

rasanya? gak usah ditanya... hmmm... enak beneeeerrr.. . dan generous... 1
porsi soto cekernya aja (jadi bukan soto ayam campur ceker) bisa berisi 7 -
8 ceker, saya biasanya pesen setengah porsi, loh kok ya masih nemu 6 ceker
ya?

cekernya empuk, mudah dicopot dari tulangnya.

dan berhubung menurut saya kadar keenakan soto itu diukur dari kuahnya,
nahhh kuah soto ceker ini boleh dicoba. warnanya butek, tapi gurihnya pas.
makin ditambah sambel dan peresan jeruk nipis, makin mak nyuussss...

makin ditambah kerupuk kulit yang direndem di dalam kuah soto? oh, i'm
speechless.. .

Tanya Soto Ayam Ceker

Saya mo bagi-bagi info tentang soto ceker, kebetulan baru hari jumat minggu

lalu saya dan istri coba makanan ini. Mungkin gak persis sama lokasinya

dengan yg diacara Trans7 tapi moga-moga bisa mewakili. Nama penjualnya saya

lupa, tapi di gerobaknya ada tulisan Soto Ceker. Lokasinya di Jl. Gandaria,

Jak Sel, diseputaran Taman Puring diseberangnya RSIA Muhammadiyah tp gak

persis banget didepannya sih dan letaknya agak ke dalam di belakan taman yg

memisahkan jalan utama dengan perumahan.. (hehe ribet ya).

Jujur baru sekali saya cobain makanan yg satu ini, dan itu pun setelah

dikompori istri saya yg kata temennya rasanya seger beneerrr. Setelah

nyobain, ternyata rasanya meemang lumayan enak. Kuahnya bening, rasa

kaldunya seger dan ringan dilidah. Cekernya empuk banget, langsung hancur

setelah sampai di mulut. Saya gak tau bukanya dari jam berapa, tapi

sepertinya baru mulai mangkal sore hari. Kemarin saya datang sekitar jam 8pm

dan pengunjungnya cukup banyak. Sayangnya tempatnya agak gelap, dan

pencahayaan Cuma dibantu oleh lilin yg dipasang berjejer di meja.

Total kerusakan untuk 2 porsi soto ceker + ayam, 1 porsi nasi dan 1 porsi

soto ceker (isinya 6 ceker dengan kuah bening thok tanpa imbuhan mie dan

toge) = Rp19.500. Cukup murmer buat rasa dan kualitas yg disajikan.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://batriders.frbb.net
Aryo
Admin


Male Jumlah posting : 64
Lokasi/Alamat : Citra Raya
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : brotherhood/081380392108
Pekerjaan/Hobi : swasta/mancing
Registration date : 26.12.06

PostSubyek: Re: MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH   Thu 1 Mar - 16:18

Mau dong...se-kali2 nyobain rame2....nyang deket aja Mang lokasinya biar gak penasaran....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.batriders.frbb.net
Ronggolawe



Male Jumlah posting : 344
Age : 53
Lokasi/Alamat : Jakarta - Bandung- Aceh Singkil - Lhokngah
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : denger is my job
Pekerjaan/Hobi : Ngacak-ngacak komputer
Registration date : 25.07.06

PostSubyek: Re: MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH   Tue 6 Mar - 22:01

Mau Nyoba sate maranggi yang lebih paten lagi di daerah cianjur, hmmmm tanya sama ane dan yang minat boleh dah hadir lagi ke cianjur, mau beli or bikin sendiri, boleh lah siapkan satu porsi perorang dengan duit 10.000 dan pasti kenyang, hehehehe Laughing

_________________
setiap melangkah jangan lupa sama Yang Maha Kuasa dan jangan lupa sama yang dirumah

Gunakan Helm yang baik demi keselamatan anda
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.cianjurtiger.goodforum.net
Ronggolawe



Male Jumlah posting : 344
Age : 53
Lokasi/Alamat : Jakarta - Bandung- Aceh Singkil - Lhokngah
Motivasi Bergabung / No Telp/Hp : denger is my job
Pekerjaan/Hobi : Ngacak-ngacak komputer
Registration date : 25.07.06

PostSubyek: Re: MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH   Tue 6 Mar - 22:03

Surabi Petruk, wuih ini sangat terkenal di Bandung dan bisa coba kalau kita akan jalan dari Bandung menuju Ledeng/ Lembang loaksinya tidak jauh dari NHI (Nasional Hotel Intitute) hmmm, bisa cuci mata sekalian hehehehe.

Mak nyos, yakin dah pasti nambah Wink

_________________
setiap melangkah jangan lupa sama Yang Maha Kuasa dan jangan lupa sama yang dirumah

Gunakan Helm yang baik demi keselamatan anda
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.cianjurtiger.goodforum.net
Sponsored content




PostSubyek: Re: MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH   Today at 6:57

Kembali Ke Atas Go down
 
MAKANAN ENAK DARI BERBAGAI DAERAH
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Hobi Makan / Jajan (Share Info Wisata Kuliner)
» Datengin moge no paper dr luar daerah ribet gak y?
» KOPDAR JAKARTA BARAT
» Salam kenal dari Peking Ujung Aspal Pondok Gede Mohon ijin bergabung
» Kopdar daerah Bintaro

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: PENGUMUMAN-
Navigasi: